Langsung ke konten utama

Belajar CCTV

1.1 SEJARAH CCTV


CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television yang kalau diartikan kedalam bahasa indonesia "Televisi Sirkuit Tertutup".... nahh ini "televisi" disini maksudnya bukan televisi tabung atau televisi lcd atau televisi led . Arti Televisi Sirkuit Tertutup ini adalah gambar yang dikirim ke televisi yang hanya bisa dilihat di televisi yang diizinkan didalam system.
So... dalam CCTV yang bisa melihat gambar tayanang adalah televisi atau alat yang diizikan saja, misalnya smartphone atau komputer.
            Awal perkembangannya, CCTV hanya bisa dilihat dari media televisi saja, seiring dengan perkembangan teknologi CCTV saat ini sudah bisa dilihat diberbagai media seperti smartphone dan komputer dan tidak hanya terbatas di lokasi tempat CCTV itu tepasang saja, tetapi sudah bisa melalui media radio frekwensi dan internet..... jadi apakah instilah "Closed" masih bisa dipakai atau arti "Closed" diperluas lagi.
            CCTV mulai digunakan di Jerman pada tahun 1940 an untuk kebutuhan peluncuran roket, penggunaan CCTV waktu itu untuk alasan pengamatan peluncuran roket secara aman, karena kalau dengan penglihatan langsung oleh manusia sangat beresiko dan tidak bisa mencapai penglihatan ke titik terdekat. Walter Bruch adalah orang yang menemukan dan memiliki ide untuk CCTV ini dan dikembangan waktu itu oleh Siemen AG.
            Penggunaan teknologi CCTV terus berkembang dan tercatat pada tahun 1960 an Inggris mulai menggunakan CCTV secara umum dan Amerika pada tahun-tahun yang sama juga mulai menggunakan.
            CCTV pada saat itu hanya sebatas untuk pemantauan real time saja dan kalau pun ada perekaman masih menggunakan teknologi perekaman film untuk film bioskop.
            Pada awal 1970an dengan mulai banyak beredarnya teknologi video atau VHS, cctv mulai marak direkam, saat itu perekaman menggunan media video dan masih bergambar hitam putih.
=========================================================================

1.2 ISTILAH-ISTILAH



Dalam CCTV ada beberapa istilah yang sering kita dengan dan kita ucapkan... yang kadang kita sendiri juga tidak tahu arti dari istilah tersebut :((
Dari hasil googling ada beberapa istilah dalam duniA CCTV :) antara lain:
DVR = Digital Video Recorder
NVR = Network Video Recorder
VCR = Video Casette Recorder
CCD = Charge Coupled Device
CMOS = Complementary Metal Oxide Semiconductor
DIS = Digital Image System
IR = Infrared
WDR = White Dynamic Range
HD = High Definition
AHD = Analog High Definition
CVBS = Composite Video Blangking Sync
RCA = Radio Corporation of America
HDMI = High Definition Multimedia Interface
USB = Universal Serial Bus
TVL = Television Lines
BNC = Bayonet Neill-Concelman
RG = Radio Guide
FPS = Frame per Second
LCD = Liquid Crystal Display
LED = Light Emitting Diodes
IP    = Internet Protocol
DNS = Domain Name System
DDNS = Dynamic Domain Name System
UTP = Unshielded Twisted Pair
STP = Shielded Twisted Pair
RJ = Register Jack
========================================================================

1.3 BEBERAPA MACAM KAMERA CCTV



Kamera CCTV dari awal hadir sampai saat ini ikut berkembang menyesuaikan kebutuhan dan kualitas. 

Perkembangan secara umum, kamera CCTV di kelompokan menjadi dua :
1. Kamera CCTV hitam putih / BW / Black and White
2. Kamera CCTV warna / Color

Pada saat ini hampir semua kamera CCTV sudah berwarna, beberapa model dan bentuk kamera CCTV :
Standard Camera
Standard camera + lensa

Standard Camera tanpa lensa
Lensa untuk Standard Camera

Standard camera adalah kamera cctv standar yang berbentuk box, yang semua bisa di ganti dan disesuaikan dengan kebutuhan, lensa bisa di ganti, infra merah bisa di pasang atau tidak, dan bisa diberi rumah atau casing atau housing jika terletak di luar ruangan.
Penggunaaan kamera standar ini tidak lagi banyak, karena bersifat teknis sekali dan cenderung mahal ketika pengguna membutuhkan spesifikasi lengkap. Ini juga disebabkan karena semakin banyaknya produsen yang sudah menciptakan kamera yang sudah memiliki spesifikasi lengkap dan model yang lebih kompak dengan harga yang lebih murah. 


Dome Camera
Sesuai dengan namanya, dome yang bisa diartikan kubah, dome camera berbentuk kubah dan sangat cocok dengan nilai estetika ketika di pasang. Dome camera idealnya banyak dipasang untuk di lokasi yang terlindung dari cuaca dan tidak kena matahari langsung. 


Bullet Camera

Bullet Camera memang berbentuk seperti peluru yang bulat panjang, bullet camera idealnya terletak untuk penggunaan luar ruangan, karena umumnya bullet camera memiliki fasilitas tahan cuaca bahkan ada yang tahan cipratan air / splash proof, sehingga bisa dipasang dilokasi yang terkena hujan langsung, tetapi tidak tahan rendam, atau di dalam air.
 


Spy Camera
 



Spy Camera adalah kamera yang diletakan di posisi tersembunyi, dan spy camera ini bentuknya menyerupai alat-alat umum yang bukan camera. Spy camera ada yang berbentuk pena, berbentuk bola lampu dan lainnya. 



Speed Dome Camera




Speed Dome camera adalah camera yang memiliki fitur Pan/Tilt/Zoom, speed dome camera bisa di zoom, di putar dan di arahkan menggunakan joystick, sehingga pengguna bisa secara detail melihat objek yang akan dipantau.
Beberapa macam kamera CCTV di atas masih akan terus bertambah model dan bentuknya sesuai dengan meningkatnya kebutuhan. 
=========================================================================

1.4 PEMASANGAN CCTV DASAR



Pada tulisan ini kita coba untuk memulai memasang CCTV 4 kanal, tulisan ini ditujukan untuk pembaca yang awam dan mau mencoba memasang sendiri CCTV.
Tahap awal adalah pemilihan perangkat CCTV yang akan kita pasang, saat ini sudah banyak beredar di pasaran alat-alat atau perangkat CCTV. Ada dua pilihan untuk kita memasang CCTV, pertama kita serahkan kepada penjual untuk memasang dan kita "tau beres", kedua kita beli alat-alat per satuan dan kita pasang sendiri.
Nah.. dari pilihan di atas, ada kerugian dan keuntungan, kalau kita serahkan semua kepada penjual, jelas kita tidak usah memasang sendiri dan cenderung hasilnya optimal karena dipasang oleh ahlinya, pada pilihan kedua kita bisa menghemat biaya, minimal tidak mengeluarkan biaya instalasi dan mendapat ilmu baru untuk pemasangan dan "setting" CCTV.
Pada tulisan ini kita mencoba untuk penggunakan opsi kedua, yaitu kita pasang sendiri :) mudah-mudah dengan ilmu baru bisa menjadi sumber penghasilan baru ... amiiinnn..
Pada pemasangan ini kita mencoba memasang system CCTV 4 kanal. 



Perangkat dan kisaran harga :
1. Pilih 4 unit camera yang akan kita pasang, misal kita menggunakan 4 kamera dome
     Kamera dome harganya sekitar Rp. 450.000 x 4 = Rp. 1.800.000
2. 1 unit DVR 4 kanal
     DVR 4 Kanal harganya sekitar Rp. 750.000 
3. 1 unit HDD sata 1 TB
     HDD yang dimaksud adalah harddisk untuk komputer PC dengan kapasitas 1 TB
     Harga sekitar Rp. 800.000 
4. 4 buah kabel CCTV 20 meter
     Kabel CCTV yang dimaksud adalah kabel DIY atau kabel ready yang sudah ada
     konektor BNC dan Konektor powernya
     Harga sekitar Rp. 70.000 x 4 = Rp. 280.000
     Jika pakai RG 59 + power 300metr = Rp 265.000
5. Adaptor 12V 1A
     Pembelian kamera CCTV biasanya tidak temasuk power suply atau adaptor
     Harga sekitar Rp. 35.000 x 4 = Rp. 140.000
6. Total pembelian barang = 1.800.000+750.000+800.000+280.000+140.000
                                           = Rp. 3.770.000
Langkah-langkah Pemasangan :
1. Pasangkan hdd ke dalam DVR
2. Tariklah kabel CCTV dari posisi rencana kamera sampai ke posisi DVR
3. Hubungan masing-masing konektor ke kamera
4. Pasangkan konektor ke DVR sesuai dengan posisi kamera, misal kamera 1 kita letakkan di port 1 DVR 
5. Pasangkan konektor power ke power suply
6. Pasangkan kabel dari DVR ke televisi
7. Hidupkan DVR dan pindahkan saluran TV ke AV atau HDMI
8. Ikuti wizard yang tampil di DVR
9. secara umum CCTV sudah aktif 
Diagram instalasi :

Jika gambar dari ke empat kamera sudah tampil maka boleh dikatakan pemasangan CCTV berhasil.... Selamaaattt...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Logo forsat solo

parabola nin media

Keunggulan-keunggulan yang bisa Anda dapatkan apabila anda memiliki parabola mini Freesat, yaitu : 1.Gambar di televisi anda menjadi lebih bening dan jernih (tanpa bintik-bintik) 2. tidak ada Iuran Bulanan SELAMANYA dan TANPA syarat apapun 3. tidak memerlukan tempat yang luas karena menggunakan parabola mini 4. parabolanya menjadi hak milik Anda 5. gratis puluhan Channel acara lokal dan internasional 6. harganya juga sangat terjangkau. Berikut Perincian harganya, ada 2 pilihan harga: HARGA Rp.650.000 ditambah jasa instalasi 50ribu barang yang didapatkan : - 1 set parabola mini - 1 unit receiver FULL HD ORION SKY/ORACLE/DW/LBS SKY HD REKOMENDASI NINMEDIA - 15 meter kabel coaxial - barang bergaransi - bisa utk play movie, play musik mp3, - merekam siaran yg sedang anda tonton - gambar lebih tajam bening dan jernih - cocok utk semua jenis tv - Audio video tanpa delay. - bisa menangkap siaran PREMIUM NINMEDIA secara Gratis Selamanya - Gratis braket TV 22" - 32&q

BELAJAR TRACKING PARABOLA

PANDUAN PASANG PARABOLA UNTUK PEMULA Panduan Pasang Parabola Untuk Awam Jika anda  ingin mencoba memasang antenna parabola, baik itu buat Penerimaan TV Satelit maupun buat keperluan Grabbing Internet, tidak ada salahnya untuk sejenak sempatkan diri membacanya disini, bagaimana cara pemasangan antenna parabola yang baik dan  langsung anda praktekkan dirumah. I. Alat yang dibutuhkan (penting dan jangan sampai tidak dimiliki) Obeng, Spana (kunci inggris) , Kunci pass buat mengencangkan mur dan baut. Magnetic Compass (penentu arah Barat dan Timur secara tepat) Angle Meter untuk pemasangan tiang supaya benar-benar tegak lurus. II. Lokasi pemasangan Pasang antenna ditempat aman,  jauhkan benda-benda termasuk dedaunan  yang dapat menghalangi bidang pancaran satelit ke dish parabola anda (terutama pada bidang elevasi timur dan barat) biasanya antenna parabola dipasang di atas atap rumah. III. Peralatan Antenna LNB C Band atau Ku Band Dish (parabola reflekto